DKP Musi Banyuasin   |
Selamat Datang Di Situs Resmi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Banyuasin di Jl. Kolonel Wahid Udin No.237 Telp./Fax. 0714 321307 - Sekayu 30711
Sambutan Kepala Dinas

Sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Banyuasin

Assalamualaikum Wr Wb...
Selamat datang di website informasi dinas ketahanan pangan kabupaten musi banyuasin semoga informasi yang di sajikan dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat umum.
Wassalamualikum Wr Wb..

H Ali Badri, S.T., M.T
Update News
Kalender
    Hari ini: 20 October 2018
    Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu
    1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31
Jejak Pendapat
Bagaimana tingkat kepuasan anda dengan website ini?

Sangat Membantu
Membantu
Cukup Membantu
Tidak Membantu

Link Terkait
  • Home
  • Berita Lengkap
BERITA Politik

Sumber Daya Alam, Modal Indonesia Jadi Negara Maju

Dikirim oleh Hilal Assafar

Suara.com - Ekonom senior Emil Salim mengatakan Indonesia memiliki modal untuk menjadi negara maju di Asia karena memiliki kekayaan dalam bidang kemaritiman, sumber daya alam maupun jumlah populasi yang besar.

"Potensi itu bisa dimanfaatkan untuk membuat branding Indonesia sebagai manufacturer of Asia," kata Emil Salim.

Emil menegaskan Indonesia memiliki kekayaan alam yang unik, baik di darat maupun lautan, karena letak geografis yang berada di wilayah khatulistiwa.

Meskipun demikian, menurut dia, potensi yang ada tersebut belum dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

"Mari kita memanfaatkan keunikan itu. Pertanyaannya, apa nilai tambah yang bisa kita kembangkan? Bagaimana mengembangkannya? Itu perlu dijawab lewat ilmu pengetahuan,"kata anggota AIPI ini.

Salah satu caranya, kata dia, adalah dengan mendorong pengembangan dan penelitian, agar pemanfaatan sumber daya alam unggulan Indonesia berjalan efektif dan tidak hanya terjadi eksploitasi.

"Sumber daya alam bukan untuk dieksploitasi tapi harus dikembangkan, misalnya spesies ikan yang unggul harus dikembangbiakkan dan diperkaya," ujar Emil Salim.

Emil menekankan pentingnya bidang pendidikan baik di sektor formal maupun informal, yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja Indonesia, agar mampu bersaing dengan negara lain menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Kita harus tingkatkan produktivitas pekerja yang saat ini masih di level 'semi-skilled', jadi harus tancap gas. Pebisnis juga harus mengembangkan kemampuan pekerja dan diberi insentif fiskal oleh pemerintah. Perkuat pula sekolah kejuruan," ujarnya. (Antara)